Sabtu, 15 Januari 2011


Teknik siluet adalah teknik mengambil gambar dengan obyek utama gelap total dan  berbackground yang terang. Teknik ini menonjokan bentuk dan karakter dari obyek utama. Teknik ini sangat mudah dilakukan, tetapi perlu mencari obyek yang menarik untuk menghasilkan siluet yang bagus. Oke, berikut beberapa tips untuk mengambil gambar siluet :

Jangan Gunakan Flash

Haram hukumnya menggunakan flash dalam mengambil siluet. Kenapa? Simpel, karena kita berusaha mengambil gambar obyek yang gelap. Kalau kita menggunakan flash, obyek pasti akan jadi terang kan? Jadi, tidak ada toleransi untuk tips ini, harus dilakukan.

Background

Background pada siluet haruslah lebih terang dibandingkan dengan obyek. Biasanya, teknik siluet digunakan ketika sunrise atau sunset, tapi ini tidak wajib seperti ini koq. Asalkan kita mendapatkan momen dan pencahayaan yang pas, kita bisa gunakan teknik siluet. Perhatikan bahwa kita harus mencari background dengan komposisi yang tidak terlalu ramai untuk menghindari kehilangan fokus dari obyek kita.

Obyek

Teknik siluet sangat menonjolkan bentuk obyek utama. Kita harus mencari obyek dengan bentuk yang menarik dan berkarakter. Carilah obyek dengan garis-garis batas yang tegas dan tidak kabur.

Eksposur

Pilihan pertama ketika mengambil siluet adalah pada setting manual metering. Gunakan spot metering dan arahkan pada backgrounf denga fokus pada titik terterangnya. Tentu saja, kita harus mengatur ulang apperture dan shutter speed untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal.
Di atas adalah salah satu foto teknik siluet yang sangat bagus. Gambar saya ambil dari google.
Terakhir, sebagai seorang newbie, kita tidak perlu malu untuk mencoba dan mencoba lagi sampai hasil yang kita peroleh bisa dinikmati. :)
Salam jepret…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar